PROBLEM POSING
Pengertian Problem
Posing
Suryanto (Sutiarso: 2000)
mengemukakan bahwa problem posing merupakan istilah dalam bahasa Inggris,
sebagai padanan katanya digunakan istilah “merumuskan masalah (soal)” atau
“membuat masalah (soal)”. Sedangkan menurut Silver (Sutiarso: 2000) bahwa dalam
pustaka pendidikan matematika, problem posing mempunyai tiga pengertian, yaitu:
pertama, problem posing adalah perumusan soal sederhana atau perumusan
ulang soal yang ada dengan beberapa perubahan agar lebih sederhana dan dapat
dipahami dalam rangka memecahkan soal yang rumit (problem posing sebagai salah
satu langkah problem solving). Kedua, problem adalah perumusan soal yang
berkaitan dengan syarat-syarat pada pada soal yang telah dipecahkan dala rangka
mencari alternatif pemecahan lain (sama dengan mengkaji kembali langkah problem
solving yang telah dilakukan). Ketiga,
problem posing adalah merumuskan atau membuat soal dari situasi yang diberikan.
2. Kelebihan pembelajaran problem posing :
a.
Semakin meningkat aktivitas bertanya
b.
Peserta didik semakin percaya diri (PD)
untuk menghadapi masalah
c.
Bertanya atau mengajukan masalah
merupakan awal intelektual untuk merangsang pikiran, mendobrak wawasan yang
kaku, sempit dan merupakan aktivitas yang mencerdaskan
Kelemahan pembelajaran problem posing :
a. Membutuhkan
waktu yang lama
b. Agar
pelaksanaan kegiatan dalam membuat soal dapat dilakukan dengan baik perlu ditunjang
oleh buku yang dapat dijadikan pemahaman dalam kegiatan belajar terutama
membuat soal.
3. a. Tiga soal kriteria mudah, sedang, sulit tingkat SD sesuai data
yang telah diberikan:
Ø
Lia dan deni, pada saat istirahat disuruh
pak guru pergi ke koperasi sekolah, lia disuruh membeli nestle pure life 600 ml
dengan harga Rp 1390,-. Sedangkan Deni disuruh membeli ABC batterai biru dengan
harga Rp.8990,- untuk mengganti alat praktek di sekolah. Berapa uang yang harus
diberikan pak guru kepada mereka berdua?
(KRITERIA MUDAH)
Ø
Ibu pergi ke supermarket membeli 2 bayam
hijau ikat dengan harga 1 ikatnya Rp 990,- dan mengambil 1 campina es cream choc
900 ml seharga Rp 27.090,- ibu membayar ke kasir dengan uang Rp 50.000, berapa uang kembalian
yang diterima ibu?
(KRITERIA SEDANG)
Ø Bu Ilma membeli filma M/ Grng N/
kol 2Lt dengan harga Rp 21.990 dan mendapat potongan harga sehingga harganya
menjadi Rp 17.990 berapa persen potongan harga yang diterima bu Ilma?
(KRITERIA SULIT)
b. Tiga soal kriteria mudah,
sedang, sulit tingkat SMA
Ø
Esty membeli dua pensil, satu buku dan
tiga penggaris dengan harga Rp.9.750. Tina membeli tiga pensil, dua buku dan
satu penggaris Rp.11.750,-. Sedangkan Erni membeli satu pensil, empat buku dan
satu penggaris dengan harga Rp.14.750,-. Berapakah harga satu pensil, satu buku
dan satu penggaris?
(KRITERIA MUDAH)
Ø
Toko baju TRI JAYA membeli stok 100 baju baru
dengan harga per baju Rp. 50.000,-. Toko TRI JAYA ingin mendapat keuntungan per
baju Rp. 5.000,- dengan memasang diskon 15%. Berapa harga di label yang harus
dipasang?
(KRITERIA SEDANG)
Ø
Suatu turnamen tennis dilaksanakan dalam
beberapa putaran. Pemenang dari masing-masing putaran berhak maju pada putaran
berikutnya. Jika terdapat jumlah peserta yang ganjil di dalam suatu putaran,
seorang pemain (dipilih secara acak) dapat secara otomatis langsung maju pada
putaran berikutnya. Di dalam suatu turnamen 147 pemain, berapa banyak jumlah
pertandingan yang akan dilakukan sebelum diumumkan pemenang tunggal?
(KRITERIA SEDANG)
4. Langkah-langkah problem posing
a.
Guru menjelaskan materi secara mendetail
b.
Guru memberi contoh dan cara menyelesaikannya
c.
Siswa membuat soal berdasarkan situasi yang diketahui
d.
Siswa mendiskusikan soal yang dibuat dengan temannya
e.
Menyelesaikan soal yang telah dibuat
f.
Membuat soal lain dan mendiskusikannya dengan teman
g.
Saling tukar soal dengan teman dan menyelesaikannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar